Ketahuan! Gempa Menguak Susunan Kaleng Pembentuk Rangka Bangunan




Pengadilan Taiwan menerbitkan surat perintah penahanan terhadap pengembang salah satu apartemen Distrik Tainan yang roboh akibat gempa 6,4 skala richter pekan lalu.

Pengembang Bangunan Wei Guan Dragon Building dinilai serampangan membangun apartemen itu, setelah tim SAR menemukan fakta bongkahan dinding gedung 17 lantai ini diisi kaleng-kaleng yang disemen, tanpa rangka besi. Temuan kontroversial itu direkam pula oleh jurnalis BBC, Rupert Wingfield-Hayes.

Metro.co.uk melaporkan, Rabu (10/2) salah satu rangka penyusun bangunan hanyalah kaleng bekas minyak goreng. Selain kaleng, balok pengisi dinding diisi karet sintetis yang dicampur beton. Kaleng dipakai karena bisa menciptakan kesan tembok berisi.





Akibat konstruksi bangunan yang mengabaikan keamanan ini, 41 orang tewas setelah apartemen tersebut ambruk. Sosok yang kini ditahan pengadilan Taiwan adalah Lin Ming-hui, bos pengembang Dragon Building. Di reruntuhan apartemen yang sama, dilaporkan lebih dari 100 penghuni masih belum ditemukan.

Dalam gempa pekan lalu, setidaknya 10 bangunan tinggi di seantero Taiwan roboh. Namun hanya Dragon Building, bangunan dengan tinggi lebih dari 10 lantai, yang hancur berkeping-keping. Padahal apartemen ini sudah selesai dibangun sejak 1994.

Taiwan memiliki aturan konstruksi bangunan yang sangat ketat di dunia, karena negara ini kerap mengalami gempa. Peristiwa lindu paling parah sebelumnya terjadi pada 1999, yang menewaskan lebih dari 2.300 jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar