Mana HDTV Terbaik, Plasma, LED, TV LCD?

lazadaPersaingan produk elektronik khususnya televisi saat ini semakin kuat dengan kehadiran jenis yang tak lagi berdimensi besar hingga memakan tempat ruang kamar atau keluarga. Kini, jenis layar lebih ramping dan mudah diposisikan di sudut ataupun menempel pada dinding cenderung lebih banyak peminat, jenis tersebut adalah HDTV (high definition tv) yang mana terbagi menjadi tiga pilihan yang berbeda yakni Plasma, LED dan TV LCD.


Sekedar untuk mengingatkan kembali bahwa pada awalnya Plasma merupakan jenis televisi dengan kualitas definisi tinggi yang kerap diminati, saat itu, kualitas gambar top-notch dan tinta hitam yang disematkan pada panel datar cukup tenar, khususnya bagi para penyuka film dari pemutar video. Tapi seiring perjalanan waktu, jenis terbaru bertajuk LCD muncul dengan kontur yang lebih tipis ketimbang Plasma.


Tak hanya itu, kekuatan LCD saat itu adalah kemampuannya menyedot tenaga listrik rumah yang lebih hemat dibandingkan dengan Plasma, belum lagi harga yang ditawarkan juga lebih murah, tak ayal TV LCD menjadi idola baru setelah pamor Plasma tersaingi. Tapi tak selang berapa lama, perkembangan teknologi yang hadir pada perangkat televisi kembali hadir dengan tajuk LED TV, namun hingga saat ini LED dan LCD masih banyak peminat, boleh dibilang masih imbang, namun dari sisi teknologi terapan yang dimiliki LED punya update teknologi terkini lebih mumpuni dalam ranah TV layar datar ketimbang LCD.

Apa yang menjadi Pembeda antara Plasma, LCD dan LED

lazada.co.idSesuai dengan penamaan yang berbeda tentu saja teknologi yang dimiliki juga berbeda. Pada Plasma TV misalnya, cairan fosfor yang dimiliki menciptakan cahaya memancar langsung tanpa backlighting. Sementara LCD, mengingat terdiri dari ornamen kristal cair maka memerlukan panel berbeda dan terpisah. Sedangkan untuk LED teknologi yang dimiliki lebih efisien yakni dengan menggunakan panel yang sama seperti LCD namun terdapat penambahan pada lampu neon katoda dingin yang dinamakan CCFLs untuk menerangi layar.

Agak berbeda antara TV LCD biasa dengan LCD LED, neon yang dimiliki LED disuplai oleh gas yang dibebankan untuk menghasilkan cahaya, dan seiring perkembangan teknologi, beberapa vendor televisi kerap menyematkan teknologi ini, alasan terkuat mengapa teknologi ini yang digunakan adalah tak lain dan bukan karena perubahan televisi definisi tinggi terdapat pada jenis ini. Dan dalam beberapa waktu kedepan sepertinya teknologi definisi tinggi sudah menjadi lumrah dan semua perangkat perekaman baik kamera digital, handycam serta smartphone telah mengadopsi teknologi ini.

Dari beberapa alasan konstruksi televisi tersebut maka ada beberapa faktor juga yang menjadi dasar mengapa jenis HDTV dari ketiga jenis televisi ini Anda pilih unsur pemberat pilihan tersebut adalah, ketebalan layar, kecerahan layar, darkness, efisiensi energi dan harga. Dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan teknologi HDTV jenis LCD dan LED kerap banyak diminati, dan tak menutup kemungkinan jika pada waktu mendatang kualitas resolusi HD diperkuat dengan 4K yang mana punya kekuatan lebih tinggi.

lazada

Kualitas Gambar
Dari sisi ini TV LCD dan LED tentu punya keunggulan yang lebih baik ketimbang plasma, meski begitu, masing-masing memiliki keunggulan. Secara general komposisi LCD dan LED lebih memiliki tingkat kecerahan yang lebih baik. Untuk plasma, dominasi warna gelap dan berbayangan hitam lebih pas ketika menonton sebuah film melalui video player.

Untuk HDTV memang punya pancaran yang luar biasa, belum lagi update teknologi yang dimiliki, tak ayal banyak penghuni rumahan yang menguatkan pilihan untuk tidak terlalu melengkapi perangkat rumah khususnya layar televisi dengan jenis HDTV. Berbeda dengan beberapa kalangan yang memang lebih memilih jenis HD, kenyaman serta ketajaman gambar yang dikeluarkan memang lebih nyaman dan terlihat lebih nyata. Meski pancaran terasa lebih cerah dan tajam, konon memiliki tingkatg keamanan pada pupil dan retina mata manusia.




Nah, dengan beberapa pemaparan yang telah Kami sajikan tentu Anda bisa mendapatkan kesimpulan mana yang lebih baik untuk ditempatkan di ruangan rumah Anda. Harga memang menjadi penentu utama. Antara Plasma,  TV LCD dan LED tentu punya perbedaan yang kentara, namun tak bisa dipungkiri jika pancaran cahaya dengan teknologi yang lebih lembut namun memiliki tingkat visual detail lebih tinggi akan memiliki banderol yang lumayan mahal.

 www.lazada.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar