Apa sih SCAM Itu?





Dalam kegiatan mencari uang di internet tak selamanya selalu berjalan mulus, sering kali kita berhadapan dengan situs atau website program bisnis online yang sifatnya tipu-tipu alias bohongan, istilah ini dikenal dengan sebutan SCAM.


Lalu apa penjelasan tentang pengertian SCAM sebenarnya?

penyebutan SCAM pada dasarnya tidak hanya digunakan untuk istilah di internet saja, sebutan ini berasal dari bahasa inggris slang (non formal). Jika anda lihat gambar diatas seperti itulah kira-kira kepanjangannya hehe..
 

Mungkin anda juga mengenal program televisi National Geographic bernama SCAM CITY , isinya menayangkan penipuan/ kejahatan tersembunyi dari kota-kota tujuan wisata dunia. Istilah SCAM inipun bisa digunakan.


Jika istilah dikaitkan dengan internet, kira-kira seperti inilah pengertian dari kata SCAM.

SCAM adalah adalah tindakan penipuan terencana yang dilakukan oleh individu atau kelompok, biasanya menggunakan sebuah situs web, surat elektronik (email) dengan janji-janji tertentu kepada pihak penerima informasi, namun pada akhirnya janji-janji tersebut tidak ditepati dengan sengaja/ terencana.

 

Beda SPAM dengan SCAM?
Singkat saja penjelasannya, SPAM merupakan informasi/ pesan yang ditebarkan sehingga sampai kepada kita, tetapi tanpa kita inginkan, yang tujuannya untuk kepentingan tertentu atau keuntungan tertentu. Informasi ini bisa saja benar namun disampaikan dengan cara yang menggangu dan tidak semestinya.
 

Sedangkan SCAM merupakan tindakan yang sejak awal ditujukan untuk penipuan/ kejahatan dengan merekayasa informasi, sehingga korban SCAM merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini merupakan suatu bentuk penipuan.
 

Jadi, setelah pelaku SCAM mendapatkan apa yang diinginkan (keuntungan), mereka akan lari meninggalkan korbannya.

Nah dari sini sudah sedikit paham kan apa itu SCAM, semoga selama ini dan untuk selanjutnya anda tidak akan pernah menjadi korban informasi dan program bisnis internet SCAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar