Pertolongan Pertama Pada "Kecelakaan" Gadget


Q: Dalam bekerja, terkadang ada kecelakaan-kecelakaan kecil yang tidak bisa dihindari. Misalnya saja saat sedang mengambil gambar, kamera kita tersiram air. Atau tiba-tiba air di atas meja tumpah dan mengenai external HDD atau laptop yang setiap hari yang kita gunakan. Apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan gadget dan data kita?
A: Jika kamera terkena air saat bekerja, segera matikan kamera,keluarkan baterai, lepas lensa, dan sd card juga. Yang paling utama adalah menyelamatkan lensa, apalagi jika lensa mahal. Jangan sampai lensa jamuran karena bisa memengaruhi hasil jadi jelek. Kalau untuk kamera, cukup dikeringkan dan didiamkan selama beberapa hari hingga benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Nggak perlu mengkhawatirkan data yang ada di dalam sd card karena sd card yang ada sekarang biasanya waterproof.

A: Laptop atau HDD tiba-tiba terkena tumpahan air? Yang pasti segera putuskan aliran listriknya, lepas baterai dan cabut charger yang menempel. Sebaiknya keringkan dengan hairdryer dan pastikan benar-benar kering sebelum alat-alat tersebut dinyalakan lagi. Atau kamu bisa menggunakan cairan khusus untuk peralatan elektronik yang biasanya dalam bentuk semprotan. Semprotkan cairan tersebut ke barang elektronik kamu, daalam hitungan tersebut cairan tersebut akan menguap dan memberishkan kotoran yang tertinggal. Karena kan biasanya air bisa menyebabkan karat pada barang-barang tertentu.



Q: Seberapa vital sih lensa untuk performa kamera? Dan bagaimana cara terbaik untuk menjaga kebersihan lensa kamera, baik kamera profesional maupun kamera saku?

A: Lensa adalah bagian yang paling vital dalam kamera. Selain megapixel dan sensor yang bagus dari kamera, lensa juga sangat sangat berpengaruh terhadap hasil foto. Fotografer yang pintar adalah fotografer yang bisa memilih lensa sesuai dengan kebutuhannya. Agar lensa kamera tetap terawat, sebaiknya lensa sering dibersihkan dari debu dan jamur. Semua alat yang digunakan untuk membersihkan kamera bisa mudah diperoleh kok. Dan sebisa mungkin, simpan di dalam drybox.

Q: Walaupun jarang, tapi bukan nggak mungkin external HD bermasalah atau rusak. Jika itu terjadi, berapa besar kemungkinan kita bisa mneyelamatkan data-data yang ada di dalamnya?

A: Kemungkinan data bisa selamat tentunya tergantung dengan kerusakan hardisk. Kalau hardisk dalam keadaan masih ter-detect, namun data tidak terbaca, itu berarti data masih bisa diselamatkan karena sebenarnya yang terjadi adalah masalah sistem file pada hardisk. Tapi, jika putaran hardisk sudah mati, susah untuk mengambil data yang ada di dalamnya karena kita harus mencari hardisk yang sama persis secara fisik untuk memindahkan komponen yang rusak, baru kemudian bisa dinyalakan dan diambil data.



Q: Bagaimana cara yang paling aman untuk menyelamatkan data dalam HDD?

A: Menyelamatkan data ada banyak cara saat ini. Cara paling mudah untuk mengembalikan 70% data bisa dengan menggunakan recovery window, misalnya dengan menggunakan software ‘get data back’. Atau kalau kamu menginginkan hasil yang maksimal, bisa menggunakan media khusus untuk recovery HDD. Recovery yang maksimal juga ada 3 tingkatan, low level, medium, dan high level. Jika dalam tahap low level semua data sudah kembali, berarti kamu bisa mengabaikan langkah kedua dan ketiga.



Q: Sebenernya apa sih kebiasaan yang lazim orang lakukan, tapi sebenarnya bisa merusak external hardisk kita?

A: Bekerja dengan lebih dari satu program berjalan bersamaan dan bekerja tidak dalam ruangan ber-AC. Karena HDD akan dipaksa bekerja secara maksimal dan akan membuat HDD menjadi panas sekali.

Q: Biasanya berapa lama sebuah external hardisk bisa bertahan? Dan kapan kita harus siap-siap backup data dari satu hardisk ke hardisk lain sebagai antisipasi rusaknya hardisk lama?

A: Umur HDD biasanya tergantung merk. Untuk pemakaian terus-menerus, ada yang hanya bertahan 1 tahun, tapi ada juga yang bisa bertahan hingga 3 tahun. Untuk masalah backup data paling aman real time. Saat ini sudah banyak aplikasi untuk backup online dengan cloud server. Tapi, standarnya adalah backup data setiap bulan kalau memang data tersebut sangat penting. Saya sarankan, untuk menghindari kehilangan data, sebaiknya kita punya lebih dari satu backup data.



Q: Ada nggak dampak negatif teknis jika kita men-jail break atau me-route gadget Apple atau Android kita?

A: Dampak negatif secara teknis tidak ada hanya saja jika kita akan berdampak ke garansi. Bisasanya service centre akan memanfaatkan untuk menolak garansi karena alasan jail break atau router. Kelebihannya adalah kita bisa menikmati games bagus tanpa harus bayar.

Q: Dalam berbagai smartphone, baik yang berbasis BlackBerry, iOs, maupun Apple, biasanya memori akan terbagi menjadi beberapa bagian, internal storage, memori telepon, dan juga tambahan external memori. Agar smartphone tidak lelet, di mana sebaiknya menyimpan semua aplikasi?

A: Untuk penyimpanan aplikasi, tentu saja yang terbaik di memori smartphone karena semua sudah terintegrasi komponennya. Hanya saja biasanya kapasitas memori internal tidak besar dan juga tidak bisa di-upgrade.



Q: Sebenarnya jika laptop hang, boleh nggak sih kita langsung mencabut baterainya? Dan apa efek negatifnya?

A: Yang pasti jika ini dilakukan akan membuat gelisah si pemilik. Karena akan membuat hardisk cepat rusak. Bayangkan saja, hardisk yang masih dalam kondisi aktif, dipaksa untuk berhenti.

Q: Apa efek jangka panjang komputer atau laptop yang terlalu sering di-hibernate? Dan sebenarnya Sebenarnya boleh atau tidak jika kita menutup laptop yang masih dalam keadaan nyala?

A: Jika laptop terlalu sering di-hibernate biasaya terjadi kerusakan pada hardisk dan IC Power-nya. Di dalam hardisk terdapat piringan yang berputar dengan keceptan 5400RPM/ 7200 RPM. Sangat tidak disarankan langsung menutup laptop dalam keadaan masih menyala, apalagi laptop langsung diangkat dengan posisi miring karena akan berdampak sangat buruk bagi hardisk laptop tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar