Cara Menghentikan Cegukan Pada Bayi

Baru diberkahi anak pertama, biasanya pada bunda lekas bingung saat si kecil mengalami sesuatu hal. Semisal saat si kecil cegukan. Wajar saja kok bun, cegukan memang hal yang paling tidak menyenangkan. Bahkan, saat dialami oleh orang dewasa saja, cegukan sangat mengganggu dan harus segera diatasi agar berhenti.

Demikian pula pada bayi, cegukan tentu juga membuatnya kurang nyaman, dan terkadang apabila berlaku lama, maka si kecil jadi rewel.
 
Menghentikan Cegukan Pada Bayi, Ini Caranya;

Cegukan itu apa sih?

Seperti dikutip dari boldsky, cegukan sebenernya adalah bentuk dari kejang otot ringan yang terjadi di area perut. Kejang tersebut kemudian menghalangi jalannya udara dari tenggorokan ke diafragma, sehingga setiap kali bernafas, ada angin yang terbawa oleh kejutan-kejutan otot.

Bagaimana menghentikan cegukan?

Menghentikan cegukan pada orang dewasa tak sama seperti menghentikan cegukan pada bayi. Apabila Anda mengalami cegukan, cukup menahan nafas selama beberapa detik saja maka cegukan bisa hilang. Tetapi, cara ini akan sangat berbahaya bagi si bayi.

Untuk itu, bunda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

Mengganti posisi menyusui

Bayi bisa cegukan saat tak sengaja udara masuk ke mulutnya ketika minum susu. Untuk itu, ubah posisi menyusui, sehingga dapat membatasi udara yang ikut masuk ke dalam mulut bayi.

Bersendawa

Sangat penting untuk memancing sendawa bayi setelah ia selesai menyusui. Caranya adalah angkat tubuh bayi dan posisikan berdiri di bahu Anda. Tepuk-tepuk ringan punggungnya.

Pijit punggungnya

Berikan massage pada punggung bayi dengan jemari Anda. Perlahan saja. Tak perlu menggunakan minyak apapun, cukup hangatnya tangan Anda saja.

Makan teratur

Pastikan jam makan si kecil ini teratur. Jangan sampai membuatnya terlalu lapar atau sampai terlambat makan. Dalam beberapa kasus, cegukan muncul karena ada problem pada pencernaan dan dapat menyebabkan mual.

Jangan diberi makan saat cegukan

Hentikan ASI atau makannya saat ia cegukan. Ia perlu waktu untuk berhenti cegukan sehingga tidak sampai muntah. Coba beberapa langkah di atas yang dapat membuatnya nyaman dan meredakan cegukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar