Mitos dan Fakta Seputar Minum Susu Mentah

Susu adalah salah satu sumber energi. Selain baik untuk kesehatan, rasanya yang nikmat juga menjadi alasan mengapa minuman ini layak dikonsumsi setiap hari.

Lalu apakah mengkonsumsi susu mentah tanpa proses pemasakan atau pasteurisasi itu aman bagi tubuh? Tahukah Anda ada mitos dan fakta yang mengikuti seputar susu mentah?

Mengutip foodrepublic.com, ada 10 mitos dan fakta tentang susu mentah.

Mitos


1. Susu mentah lebih bergizi

Proses pasteurisasi ternyata tidak mengurangi kandungan vitamin C didalamnya. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), susu mentah bukan sumber utama vitamin C, banyak makanan lain yang mengandung vitamin C.

2. Susu mentah hanya aman setelah diolah

CDC menyebut, tingkat penyakit yang disebabkan wabah dari susu mentah dan produk berbahan dasar susu mentah adalah 150 kali lebih besar daripada susu yang sudah diolah.

3. Susu mentah membunuh patogen alami

Proses pasteurisasi membunuh bakteri berbahaya dalam susu mentah. Enzim alami susu tidak mengurangi risiko penyakit.

4. Minum susu yang sudah diolah menyebabkan intoleransi laktosa

Baik susu mentah maupun susu pasteurisasi mengandung konsentrasi yang sama dari laktosa dan tidak mempengaruhi kemampuan seseorang mengkonsumsi laktosa. Penyebab intoleransi laktosa adalah kurangnya enzim beta-galaktosidase.

5. Susu mentah lebih aman dan lebih bergizi bagi anal

Laporan CDC mencatat 60% korban wabah bakteri dari susu mentah adalah orang berusia dibawah 20 dan anak-anak cenderung mudah sakit ketimbang orang dewasa.

Fakta


1. Susu mentah membawah bakteri berbahaya dan menyebabkan wabah penyakit seperti salmonella, ecoli, campylobactor, listeria dan norovirus.

2. Sekitar tiga persen orang Amerika minum susu mentah. Angka ini sebenarnya sangat kecil karena yang biasanya minum susu mentah adalah hanya mereka yang tinggal dan bekerja di daerah perternakan.

3. Wabah terkait susu mentah lebih banyak terjadi di negara yang secara legal menjual susu mentah.

Selama 13 tahun penelitian, CDC tujuh negara mengubah undang-undang tentang penjualan susu mentah.

4. Susu mentah dari sapi yang makan biji-bijian dan rumput adalah sama tidak amannya. Bakteri yang sama telah ditemukan dalam susu dari kedua jenis sapi itu.

5. Sebanyak 78 orang jatuh sakit setelah minum susu mentah di Pennsylvania

Sebuah wabah penyakit ditemukan berasal dari pusat peternakan sapi perah di Pennsylvania.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar