10 Hal Tak Terduga yang Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Saat mendengar kata serangan jantung, banyak orang yang akan langsung menghubungkannya dengan pola hidup tidak sehat dan kolesterol. Namun tahukah Anda bahwa di samping itu ada beberapa hal tidak terduga yang ternyata dapat mengakibatkan serangan jantung?

Berikut adalah 10 hal aneh yang mungkin tidak pernah terlintas di pikiran Anda saat memikirkan tentang penyebab serangan jantung seperti dikutip dari situs Health.


1. Lingkungan Tempat Tinggal
Penelitian yang dilakukan di tahun 2001 oleh The New England Journal of Medicine menemukan fakta bahwa orang yang tinggal di lingkungan menengah ke bawah tiga kali lebih berpeluang untuk menderita penyakit jantung dibandingkan mereka yang tinggal di lingkungan menengah ke atas.

2. Suplemen Kalsium
Penemuan yang dihasilkan dari penelitian terhadap 23 ribu orang di tahun 2012 menyimpulkan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen kalsium memiliki resiko terkena serangan jantung lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengkonsumsi suplemen kalsium. Untuk itu, konsultasikan kepada dokter sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium.

3. Infeksi
Berhati-hatilah saat Anda sedang terkena flu atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pernafasan karena dalam tiga hari pertama Anda mempunyai resiko terkena serangan jantung lima kali lebih besar daripada saat Anda dalam kondisi prima. Hal ini diakibatkan karena infeksi merangsang terjadinya serangan jantung dan stroke.

4. Masalah Hubungan
Hubungan buruk yang terjadi dalam hidup Anda dengan orang lain juga dapat berpengaruh kepada kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan oleh University College London menemukan bahwa masalah yang ada dalam hubungan adalah 34% menjadi penyebab serangan jantung.

5. Kehidupan di Perkotaan
Kemacetan yang sudah merupakan bagian dari kehidupan di perkotaan ternyata juga menyebabkan serangan jantung. Penelitian di Jerman menemukan bahwa orang yang tinggal di dekat jalan raya yang ramai memiliki resiko dua kali lebih besar terkena serangan jantung.

6. Menghentikan Aspirin
Beberapa penelitian menemukan bahwa penderita penyakit jantung mengalami kenaikan resiko serangan jantung seminggu setelah menghentikan konsumsi aspirin atau obat anti inflamasi lainnya. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki masalah dengan jantung maka konsultasikanlah pada dokter jika ingin menghentikan konsumsi aspirin.

7. Depresi
Penderita penyakit jantung yang mengalami depresi memiliki resiko lebih besar untuk terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak. Saat mengalami depresi, Anda beresiko dua kali lebih besar untuk terkena serangan jantung dibandingkan dengan saat Anda tidak mengalami depresi.

8. Atasan Anda
Penelitian pada tahun 2005 menemukan bahwa orang yang tidak terlalu memikirkan tekanan dari atasan lebih sedikit memiliki peluang terkena serangan jantung, ketimbang mereka yang terlalu memikirkan tekanan dari atasannya. Penelitian lainnya menguatkan pernyataan ini dengan mengatakan bahwa 23% penyebab resiko serangan jantung berhubungan dengan ketegangan yang dirasakan dari pekerjaan.

9.Masalah Kesehatan Gigi
Penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki masalah kesehatan gigi memiliki resiko 25% lebih besar terkena serangan jantung daripada mereka yang tidak. Hubungan kesehatan gigi dengan serangan jantung adalah bakteri yang terdapat di mulut yang dapat menjadi penyebab peradangan kronis di pembuluh darah.

10. Diabetes
Penyakit diabetes ternyata juga dapat mempengaruhi serangan jantung. Penderita diabetes memiliki resiko sebanyak 2-4 kali lebih besar untuk terkena serangan jantung daripada mereka yang tidak menderita diabetes. Untuk mencegahnya, terapkanlah pola makan sehat dan olah raga rutin mulai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar