Virus Baru Mirip SARS Kembali Mewabah

Sebuah virus baru dari keluarga yang sama seperti SARS memicu peringatan global pada bulan September silam. Virus itu telah menewaskan dua warga Arab Saudi dan menjangkiti enam orang di Qatar. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hari Jumat, (23/11).

"Kasus-kasus tambahan yang berhasil diidentifikasi sebagai bagian dari peningkatan sterilisasi di Arab Saudi (3 kasus, termasuk 1 kematian) dan Qatar (1 kasus)," ungkap WHO ke hadapan publik, seperti dilansir Nbc News, (25/11).

Virus baru, yang dikenal sebagai coronavirus, ini memiliki beberapa gejala mirip SARS. Ia muncul di China pada tahun 2002 dan menginfeksi 8.000 orang, serta menewaskan hampir 800 orang.

Health Protection Agency milik Inggris juga ikut turun tangan dalam membantu proses identifikasi virus pada bulan September. Coronavirus bisa menular seperti infeksi pernapasan lainnya. Misalnya flu atau melalui perjalanan udara saat si penderita batuk dan bersin.

Kini, WHO sedang menyelidiki kemungkinan dari sumber infeksi, metode eksposur, dan risiko penularan dari manusia ke manusia. Sejauh ini, organisasi kesehatan PBB telah menerima dua kasus baru yang berasal dari Arab Saudi. Kaitannya dengan epidemologi. Mereka yang dilaporkan terinfeksi rupanya berasal dari keluarga yang sama dan tinggal seatap.

Untuk itu, WHO mendesak semua negara anggota PBB untuk terus melanjutkan surveilans (proses analisis dan pengumpulan data) yang terkait infeksi SARS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar