Tips Beli Tiket Saat Mepet

Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan tarif yang rendah, biasanya calon penumpang membeli tiket jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan. Membeli tiket mendadak biasanya sulit mendapat tiket yang murah karena sudah terjual lebih dulu. Beberapa maskapai penerbangan biasanya menjual tiket promo untuk tanggal keberangkatan satu atau dua bulan yang akan datang.

Bagi yang terbiasa bepergian dengan pesawat, mereka biasanya sudah maklum dan memahami benar akan sifat fluktuatif dari tiket pesawat, khususnya di saat high season, tiket pesawat dapat mencapai 3x lipat dari tarif normal. Karena itu mereka sudah menyusun jadwal keberangkatannya jauh-jauh hari agar mendapatkan tiket dengan tarif normal/rendah.


Tetapi bagaimana bagi mereka yang tidak atau belum punya jadwal keberangkatan yang pasti? Misalnya seorang karyawan yang ijin cutinya harus menunggu acc dari bos. Masa iya si karyawan tersebut mendesak pak bos agar segera memberi keputusan supaya ia bisa pesan tiket jauh-jauh hari. Sepertinya itu tidak mungkin dilakukan hehehe....

Berikut ini sedikit tips akan saya bagikan untuk Anda yang terpaksa membeli tiket pesawat saat mepet / mendadak :

1. Siapkan dana sekitar minimal Rp. 1.500.000,- karena jika membeli tiket pesawat secara mendadak biasanya harga tiket melejit 2-3x lipat. Untuk lebih aman, jangan menyiapkan dana dalam bentuk tunai. Biarkan saja uang Anda tetap berada dalam tabungan. Toh transaksi pembelian dan pembayaran tiket bisa dilakukan secara online :)

2. Anda harus siap di depan mesin ATM. Kenapa begitu? Karena biasanya tiket pesawat yang di booking mendekati keberangkatan, jangka waktu pembayarannya hanya berkisar menit, paling lama 1 jam. Batavia terkenal paling sadis dalam memberi limit. Kadang 10 menit pembeli diharuskan membuat keputusan untuk membeli. Yang perlu Anda perhatikan!! Transaksi pembelian tiket secara online hanya tersedia minimal 4 jam sebelum keberangkatan.

3. Siapkan data penumpang. Jika Anda berencana beli tiket untuk lebih dari satu orang penumpang, lebih baik Anda siapkan dulu. Menyiapkan data penumpang akan mempercepat proses booking dan memudahkan petugas untuk menahan harga terendah pada saat itu.

4. Isi pulsa minimal 10 ribu. Jangan sampai Anda tidak punya pulsa untuk menghubungi teman Anda disaat Anda harus membuat keputusan penting untuk membeli tiket.

5. Jika Anda sudah melakukan langkah 1-4 tersebut diatas, maka ini saatnya Anda menghubungi petugas. Tidak usah menanyakan harga dulu. Lho? Mengapa Anda sebaiknya tidak usah bertanya harga tiket terlebih dahulu? Karena biasanya untuk jadwal keberangkatan yang mepet, harga tiket cepat sekali berubah. Bahkan setelah Anda selesai bertanya, 1 menit dari saat petugas memberikan jawaban, harga tiket sudah berubah!!

Berikan perkiraan jam keberangkatan dan mintalah petugas untuk segera booking tiket dengan data penumpang yang sudah Anda siapkan tadi.

6. Hubungi dan rundingkan dengan teman. Setelah booking selesai, petugas akan memberikan Anda kode booking, harga tiket, dan jangka waktu pembayarannya (time limit). Saat ini Anda baru mulai beraksi menghubungi teman-teman Anda untuk berunding dan memutuskan. Jika sudah ambil keputusan, segera hubungi petugas agar tiket Anda dapat diterbitkan :)

Demikian sedikit tips yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat :)
Salam Hormat,

Dewata Tour Travel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar