Rahasia Sistem Reservasi Maskapai Penerbangan

Mengetahui bagaimana cara kerja sistem reservasi tiket maskapai adalah suatu keuntungan untuk membantu anda memprediksi perubahan harga. Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga tiket maskapai selalu naik turun sesuka hati. Sebagai calon penumpang, apalagi yang belum pernah naik pesawat, pasti akan kebingungan dengan harga yang sangat bervariasi dan selalu berbeda tiap menit (seperti bursa saham aja ya naik turun tiap menit)

Tidak bisa dipastikan kapan harga tiket akan turun atau naik. Saat sudah terlanjur beli tiket, eh tiba-tiba nongol harga tiket yang lebih murah. Saat mengira sudah tidak akan ada lagi tiket murah, eh ternyata malah nongol tanpa diduga-duga. Bukan hanya calon penumpang, namun juga agen travel tidak dapat memahami kapan harga tiket akan berubah, karena hal ini merupakan bagian dari strategi marketing Maskapai untuk memasarkan tiketnya.

Berikut ini saya akan berbagi rahasia cara kerja sistem resevasi tiket maskapai. Meski tidak menjamin bahwa anda akan mendapatkan tiket yang 100% termurah, tetapi akan membantu Anda memprediksi perubahan harga.

Berikut ini adalah contoh halaman reservasi tiket online milik BATAVIA :



klik untuk memperbesar

Tabel reservasi tiket online milik BATAVIA ini sengaja saya bikin berwarna supaya lebih mudah untuk menjelaskan.

Kolom berwarna ungu : kolom ini memuat informasi rute dan tanggal penerbangan yang dipilih. Disitu tertulis Berangkat : Surabaya (SUB) Tiba : Jakarta (CGK) 25 september 2011. Artinya tabel pilihan harga tiket diatas adalah untuk rute surabaya-jakarta tanggal 25 september 2011.

Kolom berwarna biru : kolom ini memuat informasi ketersediaan kelas dan harga dasar (belum termasuk pajak, dll) untuk masing-masing kelas. Bisa anda lihat diatas bahwa harga dasar untuk tiap kelasnya berbeda. Semakin ke kanan, harga per kelasnya semakin mahal.

Kolom berwarna hijau : kolom ini memuat informasi seluruh jam penerbangan yang tersedia untuk rute surabaya-jakarta untuk 25 september 2011.

Kolom berwarna kuning : kolom ini memuat informasi jumlah kursi yang tersedia. Umumnya maskapai domestik membatasi sejumlah 7 kursi untuk tiap kelasnya. Jika 7 kursi ini telah habis, tulisan yang akan muncul adalah "none" yang artinya "habis" dan pilihan akan bergeser ke kelas berikutnya yang lebih mahal. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :





Nah sekarang sudah jelas kan mengapa harga tiket bisa naik turun. Sekarang anda bayangkan sendiri, kapasitas 7 kursi / kelas diperebutkan orang se-indonesia. 7 kursi diperebutkan jutaan penduduk indonesia. Wajar saja, dalam hitungan menit harga tiket bisa berubah. Maka dari itu, trik yang terbaik untuk mendapatkan tiket murah adalah melakukan booking tiket, sambil memantau harga tiket barangkali ada yang lebih murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar