Total Harta Orang Kaya di Indonesia Capai USD 241 Miliar

Indonesia tercatat sebagai negara pertumbuhan kelas menengah yang terbesar. Data terakhir Bank Dunia akhir tahun lalu menyebutkan, 56,5 persen dari 237 juta populasi Indonesia masuk kategori kelas menengah. Dari data tersebut, sejak 2003, 45 juta orang Indonesia naik kelas menjadi warga kelas menengah.

Tidak hanya kelas menengah saja, potensi pertumbuhan orang kaya di Indonesia juga diyakini bakal bergerak cukup cepat. Pertumbuhan jumlah orang kaya di Indonesia hingga tahun 2016, diperkirakan bakal mencapai 123 persen.

Ketua Financial Planning Standards Board Tri Djoko Santoso menyebutkan, tahun lalu jumlah orang kaya di Indonesia mencapai 37.400 orang. Indikator kaya yang digunakannya adalah mempunyai harta di atas USD 1 juta, di luar rumah yang dimilikinya.

Jika ditotal, jumlah harta orang kaya di Indonesia sangat fantastis. "Dana keseluruhan dari 37.400 orang kaya ini mencapai USD 241 miliar. Dan uang kekayaannya itu aset yang bisa diinvestasikan USD 16,6 miliar," ungkap Djoko di Hotel Four Seasons, Jakarta, Selasa (23/10).

Ke depan, makin banyak orang kaya baru di Indonesia. Hasil penelitiannya menyebutkan. dalam kurun waktu empat tahun mendatang, akan ada 83.400 orang kaya.

Harta yang dimiliki orang kaya akan banyak ditempatkan di saham dan properti. Hampir 50 persen dari harta orang kaya tersebut diletakkan di properti dan saham.

"Di saham itu mencapai 25,4 persen, real estate hampir 25 persen, dan selebihnya di uang cash, pemilikan usaha dan lain lain," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar