Antara Windows 8, Windows 8 Pro atau Windows RT

CHIP -  Anda yang hendak migrasi dari Windows 7, Vista atau XP ke Windows 8 mungkin saja bingung menjatuhkan pilihan dari tiga versi sistem operasi yang baru saja diluncurkan Microsoft, yakni Windows 8, Windows 8 Pro, atau Windows RT. Jika saat ini Anda menggunakan Windows 7 Professional atau Ultimate, Anda akan perlu upgrade ke Windows 8 Pro.

Fitur Windows 8 dan Windows 8 Pro sebenarnya nyaris sama, termasuk Windows Desktop, Start Screen baru, seluruh fitur sentuh, dan kemampuan meng-install software tradisional dan aplikasi dari Windows 8.

Namun, Windows 8 Pro memiliki fitur tambahan untuk kalangan pebisnis, seperti BitLocker drive encryption, file encryption, client-side Hyper-V, kemampuan untuk bergabung dengan Windows Server Domain, dan menjadi host Remote Desktop.

Jika Anda seorang pebisnis yang kerap menyimpan data rahasia perusahaan di laptop, sebaiknya memilih Windows 8 Pro. Seperti disebutkan dalam tips sebelum beralih ke Windows 8, Anda perlu memperhatikan spesifikasi minimum perangkat Anda seperti berikut:

  •     1GHz or faster processor
  •     1GB RAM for 32-bit, 2GB RAM for 64-bit
  •     16GB available disk space for 32-bit, 20GB for 64-bit
  •     1366 x 768 screen resolution
  •     Koneksi Internet
  •     DirectX 9 compatible graphics with WDDM 1.0 or higher drivers

Adapun Windows RT adalah Windows 8 versi lebih sederhana yang didesain untuk prosesor ARM. Sebelum peluncuran Windows 8 pada 26 Oktober lalu, Microsoft sudah terlebih dahulu meluncurkan tablet Surface RT.

Penggunaan Windows RT akan menambah usia baterai perangkat Anda, namun penting dicatat, dengan sistem operasi ini Anda tak akan bisa menjalankan program lama Anda. Anda hanya bisa menggunakan aplikasi dari Windows Store, dan aplikasi yang dirancang untuk antarmuka baru, bukan aplikasi desktop. Windows RT sudah sepaket dengan Office Word, PowerPoint dan Excel.

Beberapa analis sempat menyampaikan kritik peluncuran Windows RT akan membingungkan konsumen. Sebagai jawabannya, Microsoft secara khusus melatih karyawan mereka untuk menjelaskan perbedaan antara Windows 8 dan Windows RT. Microsoft juga membuatkan grafik perbedaan Windows 8 dan Windows RT. Berikut ringkasannya:

Windows RT hanya bisa dipakai di perangkat dengan prosesor ARM

Windows RT memiliki mode desktop, tapi terbatas pada software yang sudah 
pre-installed seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Office terbaru.

Baik program lama atau baru yang dirancang untuk x86/x64 tidak bisa dijalankan di Windows RT.

Beberapa perangkat yang menggunakan Windows RT selain Surface, antara lain: Dell XPS 10 Tablet hybrid, Lenovo IdeaPad Yoga 11, Samsung Ativ Tab. Jika ingin mencobanya, Anda bisa langsung membeli perangkat tersebut karena harganya relatif murah dibanding pernagkat yang menggunakan Windows 8 atau Windows 8 Pro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar