6 Poin Penting Dalam Surat Lamaran Yang Paling Diperhatikan


Sebelum Anda lolos ke tahap wawancara pekerjaan, perusahaan akan memperhatikan bagian khusus dalam surat lamaran kerja. Yaitu sejarah pengalaman bekerja Anda sebelum melamar di perusahaan yang baru. Setidaknya, ada enam poin penting tentang sejarah bekerja yang akan diamati, demikian seperti yang dilansir dari US News (22/10).

Lama bekerja 
Jika Anda memiliki banyak pengalaman bekerja namun hanya bertahan dalam waktu sebentar, perusahaan akan menganggap Anda tipe orang yang mudah bosan, tidak bisa melakukan pekerjaan dengan benar, atau tidak tahu kemauan diri sendiri.

Berhenti bekerja
 Kebanyakan orang melamar pekerjaan baru sebelum keluar dari profesi yang lama. Namun jika Anda keluar dan baru kemudian melamar di tempat yang baru, perusahaan berpikir bahwa Anda mungkin bermasalah di kantor yang lama.

Dipecat
 Ada beberapa alasan kenapa Anda dipecat, misalnya karena pemangkasan karyawan pada divisi tertentu atau kinerja Anda memang buruk. Perusahaan jelas akan memperhatikan hal ini lebih jauh. Jadi pastikan Anda menulis dengan jelas mengenai divisi Anda di tempat kerja yang lama.

Menganggur lama
 Meskipun mencari pekerjaan itu tidak mudah, namun buruk akibatnya jika Anda menganggur terlalu lama. Daripada tidak melakukan apa-apa, sebaiknya Anda aktif di kegiatan sosial, memupuk kemampuan, dan berusaha membuktikan kalau Anda tetap produktif meskipun tidak punya pekerjaan tetap.

Jarak pekerjaan 
Sehubungan dengan poin sebelumnya, jarak antar pekerjaan Anda yang terlalu lama juga diperhatikan oleh perusahaan tempat Anda melamar. Akhirnya, perusahaan kembali berpikir bahwa Anda mungkin bermasalah dengan orang-orang di kantor lama. Sehingga Anda terpaksa keluar dan baru mencoba mencari pekerjaan baru.

Manajer lama 
Akan lebih baik jika atasan di tempat kerja yang lama mau memberikan surat rekomendasi untuk Anda. Tetapi jika tidak ada satupun mantan manajer yang melakukannya, perusahaan tempat Anda melamar pasti akan bertanya-tanya. Jangan-jangan Anda memang tidak layak direkomendasikan.

Itulah beberapa poin penting dalam surat lamaran pekerjaan yang paling diperhatikan. Jadi jangan sampai lupa untuk mencantumkan hal-hal yang sudah disebutkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar