3 Faktor Pendorong Orang Kaya Makin Banyak di Indonesia

Di tengah ketidakpastian ekonomi dunia saat ini, orang kaya di Indonesia justru terus bertambah banyak. Angka pertumbuhan orang kaya Indonesia bisa mengalahkan pertumbuhan orang kaya China dan India.

Apa yang membuat orang kaya di Indonesia terus tumbuh di saat kondisi ekonomi dunia justru tengah dilanda krisis berkepanjangan? Menurut Board of Advisor CWMA (Certified Wealth Managers™ Association) Maikel Sajangbati, ada beberapa faktor yang mendorong bertambahnya jumlah orang kaya di Indonesia.

Pertama, kondisi ekonomi yang cukup stabil. Ekonomi Indonesia yang konsisten dalam beberapa tahun terakhir, turut berperan dalam menciptakan orang kaya baru. ''Ekonomi kita tumbuh paling konsisten 4 tahun terakhir. Kita satu satunya negara yang tumbuh konsisten 6 persen terus,'' ungkap Maikel ketika ditemui di Hotel Four Season di Jakarta, Selasa (23/10).

Faktor kedua adalah tingginya tingkat konsumsi domestik atau konsumsi dalam negeri. Menurutnya, pasar dalam negeri sangat besar dan dimanfaatkan dengan bisnis yang sifatnya konsumtif. Bisnis ini yang diyakini mendatangkan untung besar dan membuat orang semakin kaya.

''Konsumsi domestik masih besar sekali, jual apa saja laku. Jadi ada usaha apa saja kita pasti laku. Tidak usah ekspor segala macam. Permintaan domestik karena banyak penduduk,'' tegasnya.

Faktor terakhir adalah positifnya perdagangan saham di Indonesia. Indeks saham beberapa tahun terakhir cenderung memperlihatkan tren positif.

Menurutnya, banyak orang kaya yang mengalihkan dananya ke bursa saham agar mendapat keuntungan besar. ''Makanya indeks harus tetap dijaga karena kalau ini anjlok pasti orang kaya susah,'' katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar