Yang Harus Anda Lakukan Usai Wawancara Kerja

Anda sudah melakukan wawancara kerja dan sekarang sedang menunggu panggilan dari perusahaan. Lantas apa yang harus dilakukan selanjutnya? Jangan hanya berdiam diri! Coba ikuti saran dari US News ini setelah Anda menjalani wawancara kerja di sebuah perusahaan.

Ucapan terima kasih
Kirim kartu ucapan terima kasih melalui pos atau email. Susun bahasa yang baik agar perusahaan mengingat Anda sebagai orang yang cukup berpotensi sebagai calon karyawan.

Jangan berlebihan
Meskipun Anda melakukan follow up, jangan berlebihan dengan menelepon atau bertanya setiap hari pada perusahaan. Hal ini bisa membuat Anda dicap sebagai orang yang menyebalkan.

Mengingat pertanyaan saat wawancara
Catat pula jawaban yang Anda berikan. Tandai bagian mana yang Anda jawab dengan baik sekaligus buruk. Hal itu bisa dijadikan pelajaran untuk wawancara kerja Anda yang lain.

Mengingat tujuan bekerja
Biasanya, alasan ingin segera bekerja membuat seseorang tidak berpikir jernih. Jadi selagi menunggu pengumuman, ingat-ingat lagi apa tujuan Anda melamar pekerjaan. Jika hanya karena gaji namun Anda tidak begitu menyukai pekerjaan, mungkin Anda sebaiknya berusaha mencari profesi yang lain.

Menunggu dengan sabar
Jangan panik jika Anda tidak mendengar pengumuman apapun setelah wawancara. Sebab beberapa perusahaan memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghubungi calon karyawan mereka.

Tetap melamar kerja
Apapun yang Anda lakukan, jangan berhenti melamar di tempat lain jika belum mendengar pengumuman dari perusahaan. Tidak peduli seberapa besar keinginan Anda bekerja di situ, sebaiknya Anda tidak berdiam diri dan terus berusaha di tempat lain.

Bersiap pada kemungkinan terburuk
Anda boleh berharap, namun sebaiknya Anda juga siap pada kemungkinan terburuk. Lagipula, masih ada banyak kesempatan di luar sana yang patut Anda coba.

Itulah hal-hal yang harus dilakukan setelah wawancara kerja. Jangan menyerah dan teruslah berusaha!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar