Tanda-tanda Anda Tidak Siap Wawancara Kerja

Jika Anda sudah memasuki tahap wawancara kerja di sebuah perusahaan, artinya Anda sudah sangat beruntung. Namun jangan sia-siakan keberuntungan tersebut dengan melakukan kesalahan saat diwawancara. Berikut ini US News (05/09) membagikan beberapa tanda bahwa Anda sebenarnya tak siap melakukan wawancara kerja.

Anda tak tahu budaya perusahaan

Cara mudah untuk menunjukkan bahwa Anda layak bekerja di perusahaan yang diincar adalah dengan mencintai budaya mereka. Kalau Anda tidak tahu budaya perusahaan, tandanya Anda tak siap melakukan wawancara.

Terlalu lama menjawab saat diberi pertanyaan
Jeda lama ketika merespon sebuah pertanyaan bisa berarti Anda sebenarnya tidak punya jawaban yang disiapkan sejak awal. Jadi, hindari perilaku seperti ini jika Anda tak ingin dianggap tidak siap wawancara kerja.

Tidak paham visi misi perusahaan
Salah satu prosedur standar seorang karyawan adalah memahami visi misi perusahaan tempatnya bekerja. Saat Anda tidak paham masalah ini sejak wawancara kerja, tandanya Anda memang sama sekali tidak siap melakukan wawancara.

Tidak membaca berita terbaru
Tidak semua perusahaan menanyakan apa berita terbaru yang sedang diikuti pelamar ketika melakukan wawancara. Namun tidak ada salahnya menyebutkan salah satu isu panas di media dalam jawaban Anda untuk menunjukkan Anda adalah orang yang up-to-date.

Tidak paham tugas yang harus dikerjakan

Anda melamar untuk posisi tertentu di sebuah perusahaan. Jika tidak paham tugas yang harus dikerjakan, lantas apa gunanya Anda melamar?

Tidak punya pertanyaan untuk pewawancara
Perusahaan pasti pada akhirnya memberikan kesempatan bagi Anda untuk bertanya. Namun jika Anda tidak melakukannya, mereka akan menganggap Anda sebenarnya tidak siap diwawancarai.

Jawaban tidak fokus
Saat Anda menjawab pertanyaan dengan menuturkan akan melakukan sesuatu yang besar, perusahaan tidak akan puas dengan itu. Berikan mereka jawaban yang jelas, fokus, atau Anda akan dianggap tidak siap melakukan wawancara.

Wawancara memang gampang-gampang susah. Kalau Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik, kemungkinan diterima pasti akan lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar