Pijatan Rangsang Produksi ASI

Kompas.com - Jaringan payudara berisi banyak pembuluh getah bening dan pembuluh darah. Jika pembuluh ini terhambat, aliran menjadi tidak lancar dan bisa membuat masalah. Pemijatan bisa membantu memperlancar sirkulasi cairan ini. Pijat payudara juga akan membersihkan saluran susu, sehingga susu mengalir lebih lancar dan cepat mengosongkan payudara, yang akhirnya memacu produksi ASI lebih berlimpah lagi.

Pijat payudara sebaiknya rutin dilakukan setiap hari, misalnya sambil mandi selama 20 menit (setiap sisi payudara selama 10 menit). Untuk merangsang produksi ASI, pijat payudara sebaiknya sudah rutin dilakukan sejak masa kehamilan.

Ikuti kiat pijat payudara seperti dikutip dari Journal of Human Lactation ini:

- Oleskan losion, misalnya minyak zaitun agar payudara tidak sakit dan kulit payudara lebih lembut.

- Mulai dengan memompa atau memencet lembut kelenjar getah bening di ketiak, untuk melancarkan aliran darah dan racun.

- Usap-usap payudara atau peras secara lembut untuk melancarkan aliran darah. Jangan menekan payudara terlalu kuat karena dapat merusak jaringan kelenjar.

- Jika payudara mulai terasa hangat, itu tandanya aliran darah mulai meningkat dan merupakan respon yang baik terhadap pijatan.

- Lakukan tekanan lembut mulai dari bagian tengah payudara dan buat beberapa hentakan kecil ke arah luar dari puting.

- Lakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar, mula-mula searah jarum jam, kemudian ganti menjadi berlawanan arah jarum jam. Lakukan ganti-ganti gerakan ini sekitar 10 kali.

- Lakukan pijatan dengan gerakan spiral menggunakan ujung tiga jari tengah, dari tepian payudara ke arah puting. Lakukan perlahan hingga seluruh payudara terpijat merata, untuk merangsang produksi ASI.

- Jangan lupa oleskan minyak zaitun (baby oil) ke puting lalu dipencet-pencet lembut. Ini untuk mengeluarkan banyak kotoran semacam komedo yang dapat menyumbat keluarnya aliran ASI.

- Lakukan kompres hangat pada payudara dengan handuk atau waslap. Tempelkan handuk hangat pada payudara, tekan-tekan secara perlahan. Kompres hangat membantu ibu rileks dan merangsang oksitosin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar