Minyak Ikan Ternyata Tak Mampu Turunkan Risiko Serangan Jantung


merdeka.com Mengonsumsi suplemen minyak ikan sebagai salah satu cara memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 sering dilakukan oleh orang-orang. Namun sepertinya mereka tidak mendapatkan khasiat apapun dari suplemen tersebut. Pasalnya penelitian terbaru menyebutkan suplemen minyak ikan ternyata tak mampu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail, peneliti mengulas 20 studi yang melibatkan hampir 70.000 pasien yang mengonsumsi suplemen minyak ikan. Meskipun mereka kerap minum suplemen tersebut, rupanya risiko serangan jantung dan stroke mereka tidak menurun.

Selama ini, suplemen minyak ikan memang disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung demi mengurangi risiko serangan jantung untuk yang kedua kalinya. Asam lemak omega-3 pun dikenal sebagai anti inflamasi untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Peneliti kemudian melakukan kembali menganalisis data tentang 7.000 kematian yang diakibatkan karena penyakit jantung dan stroke. Hasilnya, ternyata memang tidak ada bukti bahwa omega-3 mampu menurunkan risiko serangan jantung.

"Adanya penelitian ini membuktikan kalau asam lemak omega-3 tidak ada hubungannya dengan penurunan risiko serangan jantung dan stroke," tulis kepala peneliti Dr Evangelos Rizos dari University Hospital of Ioannina dalam Journal of the American Medical Association.

Sementara itu, Dr Carrie Ruxton dari Health Supplements Information Service yang tidak terlibat dalam penelitian tidak begitu menyetujui hasil analisis tersebut.

"Asam lemak omega-3 sudah terbukti baik bagi jantung. Jadi kenapa hanya ada 20 penelitian yang digunakan padahal ada ribuan studi lain yang membahas masalah ini," kata Dr Ruxton.

Dr Ruxton kemudian menambahkan bahwa banyak orang yang tidak mampu kebutuhan makan ikan yang bersifat lebih baik dalam memenuhi asupan omega-3. Makanya suplemen menjadi saran terbaik bagi mereka. Sebab suplemen lebih mudah didapat dan dikonsumsi setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar