Jangan Abaikan 7 Nyeri di Tubuh Ini

Dalam banyak kasus, nyeri bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Nyeri juga bisa memberikan sinyal adanya ketidakberesan pada kesehatan Anda.

Menurut beberapa ahli, kondisi nyeri berikut ini harus patut Anda berikan perhatian khusus. Apa saja sih? Ini dia yang dilansir melalui msn.

Nyeri dada
Nyeri dada seperti ditusuk-tusuk, sesak nafas dan sakit di bagian tubuh atas, menjadi pertanda adanya masalah pada jantung Anda. Parahnya, wanita berisiko lebih tinggi dibanding pria.

Nyeri kepala berat
Bisa saja itu migrain. Namun, bila tidak disertai dengan gejala migrain lainnya, dan tiba-tiba terserang nyeri kepala hebat, kemungkinannya Anda mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak merupakan sebuah kelainan pembuluh darah otak akibat pecahnya aneurisma, dapat menyebabkan kerusakan otak dalam beberapa menit.

Gigi nyut-nyutan
Sakit gigi bisa disebabkan saraf gigi yang rusak, karena enamel retak atau busuk. Jika dibiarkan, bakteri mulut akan menyerang saraf. Ini waktunya Anda melakukan kontrol ke dokter gigi.

Pegal pinggang belakang
Jika pinggang kanan Anda terasa ditusuk-tusuk dan disertai muak dan demam, bisa menjadi pertanda Anda memiliki usus buntu. Bagi wanita, bisa juga sinyal adanya kista ovarium.

Nyeri perut disertai kembung
Perut kembung tak hanya pertanda Anda salah makan, tetapi bisa menunjukkan gejala kanker ovarium. Di tahun 2007, Gynecologic Cancer Foundation merilis gejala awal bentuk kanker: kembung, nyeri panggul atau perut dan susah makan. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut hampir setiap hari lebih dari dua atau tiga minggu, siap-siap cek ke dokter.

Nyeri punggung disertai jari-jari kaki kesemutan
Ini bisa menjadi sinyal adanya masalah pada saraf tulang belakang Anda. Cincin pelindung tulang belakang Anda mungkin menekan saraf tulang belakang, sehingga menyebabkan nyeri punggung yang parah. Segera temui dokter ahli saraf, karena bila dibiarkan bisa berisiko kerusakan saraf permanen.

Nyeri kaki disertai bengkak
Jika betis Anda terlihat bengkak, merah atau terasa hangat saat disentuh, Anda mungkin mengalami trombosis vena (DVT) atau dikenal sebagai gumpalan darah. Waspadai, karena gumpalan bisa menghambat pembuluh darah di betis. Parahnya, gumpalan tersebut bisa masuk ke dalam paru-paru dan mengancam nyawa Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar