5 Pertanyaan Terbaik Yang Dilontarkan Pelamar Kerja

"Apa ada yang ingin Anda tanyakan?"

Pertanyaan di atas sering terdengar ketika Anda melakukan wawancara kerja kan? Terkadang Anda tak peduli dengan jawabannya dan hanya mencoba membuat pertanyaan yang terkesan "pintar." Jika tidak, biasanya Anda hanya akan menggeleng.

Tahukah Anda, pertanyaan yang Anda lontarkan sama pentingnya dengan jawaban yang Anda berikan saat wawancara. Gunakan kesempatan bertanya ini untuk menunjukkan kesungguhan Anda bekerja untuk perusahaan tersebut. Inc.com (06/09) menyarankan Anda untuk melontarkan beberapa pertanyaan "pintar" ini.

1. Apa yang Anda harapkan dari saya dalam waktu 60 - 90 hari pertama kerja?
Pertanyaan ini menunjukkan bahwa Anda siap bertempur, tak hanya menghabiskan waktu untuk bersantai. Ini juga menunjukkan bahwa Anda bukan orang yang takut dengan target.

2. Kualitas apa yang dibutuhkan untuk berhasil di bidang ini?
Setiap perusahaan memiliki perbedaan kualitas yang dibutuhkan pada karyawan mereka. Bisa jadi perusahaan ini membutuhkan para pekerja keras yang siap bekerja dalam rentang waktu yang panjang. Bisa jadi yang mereka butuhkan adalah orang-orang kreatif dengan pikiran 'out of the box'. Menanyakan hal ini menunjukkan bahwa Anda ingin tahu apakah diri Anda sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Jika Anda sesuai, maka ini juga menunjukkan itikad Anda untuk mengasah kualitas yang dibutuhkan perusahaan.

3. Apa yang bisa saya lakukan untuk membuat perusahaan ini sukses?
Setiap orang dalam perusahaan memiliki peran masing-masing. Melakukan pekerjaan dengan baik saja kadang tak cukup. Anda harus melakukan lebih banyak. Dengan menanyakan hal ini, pewawancara akan tahu bahwa Anda bersedia melakukan lebih banyak untuk kesuksesan perusahaan.

4. Apa yang dilakukan karyawan di waktu luang?
Pelamar kerja yang baik tahu bahwa untuk bekerja dengan baik dan bahagia mereka harus menyukai lingkungan dan orang yang bekerja dengan mereka. Ini adalah pertanyaan sulit bagi pewawancara, kecuali di perusahaan yang kecil, ketika kebiasaan semua orang bisa digeneralisasi. Intinya adalah dengan menanyakan hal ini, Anda bisa mengetahui apakah Anda cocok dengan budaya perusahaan.

5. Apa rencana perusahaan mengenai ...?
Setiap bisnis pasti memiliki tantangan besar, entah itu berkaitan dengan masalah sosial, perkembangan ekonomi, kemajuan teknologi, pesaing, ketetapan pemerintah, dan sebagainya. Kandidat yang baik menanyakan hal ini untuk mengetahui bagaimana tindakan perusahaan di masa depan. Apakah mereka bisa ikut andil di dalamnya dengan kemampuan mereka.

Itulah lima macam pertanyaan yang bisa coba Anda lontarkan saat wawancara kerja. Pertanyaan-pertanyaan itu tak harus membuat Anda terlihat pintar. Namun gunakan pertanyaan untuk menggali lebih dalam mengenai perusahaan dan kaitannya dengan diri Anda sendiri. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar