Sebelum Download Windows 8 Consumer Preview, Ketahui Serba-Serbinya

Penasaran ingin menjajal Windows 8 ? Kabar baik bagi Anda, Microsoft hari ini mengumumkan ketersediaan Windows 8 Consumer Preview. Preview dari sistem operasi (OS) terbaru Microsoft ini sudah tersedia untuk di download mulai hari ini (1/03/2012) melalui tautan http://preview.windows.com. Apa saja yang ditawarkan? Diklaim Microsoft, Windows 8 Consumer Preview memberikan pengalaman yang lebih kokoh, setelah Windows 8 Developer Preview yang dihadirkan akhir tahun lalu. Versi Developer Preview sendiri telah diunduh lebih dari tiga juta kali.

"Dengan Windows 8, kami mengubah cara orang berinteraksi dengan PC dan bagaimana membuat semuanya menjadi seperti perpanjangan alami dari perangkat. Baik itu ketika digunakan di tablet, laptop, atau perangkat all-in-one," kata Steven Sinofsky selaku President, Windows and Windows Live Division, Microsoft.

"Windows 8 Consumer Preview menawarkan pendekatan tanpa kompromi dalam menggunakan PC," ujarnya berpromosi.

Melalui keterangannya, Kamis (1/3/2012), di acara Windows 8 Consumer Preview di ajang Mobile World Congress (MWC) 2012 di Barcelona, Spanyol.
 
 
Tawarkan 100.000 Perbaikan Dari Versi Developer Preview
 
Menurut Stefen Sinofsky, President Windows and Windows Live Division Microsoft, Windows 8 Consumer Preview  akan membawa lebih dari 100.000 perubahan atau perbaikan dibanding versi Developer Preview.

Di Windows 8 ini, Microsoft berusaha menggabungkan tampilan dan pengalaman dari penggunaan smartphone, tablet, dan komputer desktop sekaligus.


Tidak seperti versi-versi Windows sebelumnya yang hanya mendukung arsitektur prosesor x86, Windows 8 juga mendukung chip ARM yang banyak dipakai di perangkat tablet umumnya.

Windows 8 Consumer Preview tersedia untuk diunduh secara global dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Jepang dan China. Preview dari sistem operasi (OS) terbaru Microsoft ini sudah tersedia untuk diunduh mulai hari ini melalui tautan www.preview.windows.com.


5 Fitur Menarik di Windows 8 Consumer Preview
 
Windows 8 Consumer Preview sudah mulai bisa dicicipi masyarakat luas, sistem operasi terbaru itu menjanjikan sejumlah fitur menarik bagi para pengguna. Berikut ini 5 fitur tersebut:

1. Internet Explorer
Internet Explorer konon sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Melalui browser ini pengguna bisa berselancar di internet dengan cepat, serta mendapatkan pengalaman baru dengan sistem navigasi yang berbeda.

Untuk kembali ke halaman yang sebelumnya, pengguna hanya perlu menggeser ke kanan atau kiri, sedangkan untuk memperbesar bisa dilakukan hanya dengan double clik.

2. App Bar
Seperti diketahui bahwa Windows 8 memiliki antar muka baru yang mereka sebut Metro Style. Navigasi pada sistem operasi ini sangat berbeda, pengguna bisa menemukan sederet aplikasi hanya dengan menggeser bar dari bawah ke atas.

3. Toko Aplikasi
Ketika dirilis nanti Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang mereka sebut Windows Store. Konsepnya mirip dengan yang ada di Android, iOS, dan smartphone lainnya.

Untuk menikmati fasilitas ini pengguna harus memiliki akun Microsoft. Konon di dalamnya sudah ada beberapa aplikasi dan game menarik yang bisa dinikmati secara gratis selama periode Consumer Preview.

4. Layanan Cloud
Mungkin ini adalah generasi Windows pertama yang sudah memiliki beberapa layanan berbasis cloud computing. Di dalamnya sudah ada penyimpanan cloud untuk email, kalender dan kontak. Namun sayang, Microsoft Office sepertinya belum tersedia pada versi Consumer Preview ini.

5. Serba Geser
Mungkin ini adalah fitur yang paling menyenangkan di Windows 8. Pada versi Consumer Preview pengguna sudah dimanjakan dengan sistem navigasi serba geser (sliding). Geser untuk berpindah aplikasi, geser untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang aktif, dan lainnya.


Inilah Beberapa Aplikasi yang “Dibuang” Oleh Microsoft Di Windows 8

Untuk mengoptimalkan kinerja Windows 8, Microsoft dikabarkan akan merubah dan bahkan membuang beberapa fitur yang tersedia di Windows versi sebelumnya.

Salah satu fitur yang akan dihilangkan adalah fitur Windows Live yang akan berubah menjadi aplikasi pre-install yang merupakan inti dari aplikasi Windows Communications di Windows 8.

Kebijakan ini diambil Microsoft untuk menyederhanakan dan menggabungkan berbagai merek layanan, yang terkesan tumpang tindih.

Selain Windows Live, Microsoft juga akan merubah aplikasi media player musik Zune dari toko aplikasi Windows Store. Namun fitur Zune Pass masih tetap bisa digunakan. Tim Xbox dari Microsoft dipercaya untuk menggarap dan mengatur aplikasi video dan musik yang segar dengan mengadopsi tampilan antarmuka Metro.

Beberapa layanan yang dirubah Microsoft dalam Windows 8 adalah sebagai berikut,
  • Windows Live Contacts berubah jadi People
  • Windows Live Photo Gallery berubah jadi Photos
  • Zune Music Player berubah jadi Music
  • Zune Video Player berubah jadi Video
  • Windows Live ID berubah jadi Microsoft Account
  • Windows Live Mail berubah jadi Mail
  • Windows Live Calendar berubah jadi Calendar
Tertarik mencicipinya? Pastikan dulu koneksi internet Anda lancar. Sebab file instalasinya cukup besar yakni 2,5 GB untuk versi 32bit dan 3,3 GB untuk 64bit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar