Bukit Pemakaman Bergeser, Masyarakat Ramai Datangi Bondowoso


Setidaknya sejak malam jumat lalu (26/10), masyarakat Bondowoso dihebohkan dengan isu fenomena alam. Isu  tentang bergesernya sebuah pemakaman umum ini dengan cepat menyebar ke telinga masyarakat. 

Kabarnya, sebuah pemakaman umum di sebuah bukit kecil di tengah persawahan yang terletak di jalan Ahmad Yani, bergeser sekitar 2 sampai 3 meter ke arah timur. Pergeseran itu, menurut isu, dirasakan semakin mendekati jalan raya sisi timur yang berjarak kurang lebih 20 meter dari makam.

Kendati isu tersebut telah menggemparkan, namun hingga saat ini belum ada yang memberikan keterangan pasti terkait isu pergeseran makam tersebut. Termasuk, warga yang datang berbondong silih berganti dari pagi hingga larut malam, tidak satupun yang mengaku tahu pasti keberadaan makam itu saat sebelum dan sesudah munculnya isu.

“saya datang hanya karena penasaran, karena saya pikir kok tidak masuk akal, makanya saya datang untuk menyaksikan sekaligus membuktikan kebenaran isu itu,” kata Risky, pemuda asal jalan piere tendean Badean. Sedangkan menurut farida (34) warga Desa Petung, dirinya mengaku juga mendengar isu pergeseran makam itu dua hari lalu. Namun, farida tidak mengindahkannya, karena menurutnya hal itu mungkin hanya isu yang tidak jelas asal usulnya.

“kemarin malam saya lewat jalan situ, saya lihat sudah banyak orang di pinggir jalan. Saya kira ada kejadian apa, eh ternyata orang – orang di situ penasaran dengan kuburan yang katanya geser,” ujar Farida.

Saniman Soleh (53) yang sudah bertahun – tahun menjadi juru kunci kuburan tersebut, menyatakan jika dirinya juga bingung dengan adanya isu yang kian santer itu. Pasalnya, dirinya selama ini tidak merasakan sesuatu yang aneh sedikitpun dengan makam yang dijaganya. “Saya juga heran mas,, dari mana asalnya isu ini. Tiba- tiba warga banyak yang berdatangan kesini (kuburan_red),” katanya.

Terkait dengan batu peninggalan sejarah yang berada di areal pekuburan, Saniman juga mengaku jika tidak ada perubahan apapun. Meskipun ada yang bilang jika dulu makam tersebut sejajar dengan Musholla yang berada di sebelah utara makam, namun Saniman sendiri tidak meyakini hal itu.

“dari dulu waktu saya masih kecil, ya sudah disini ini lokasinya. Mungkin hanya perasaan orang – orang saja,” imbuhnya.

Beberapa tokoh masyarakat menyatakan menyesalkan adanya isu tersebut, apalagi isu tersebut tidak jelas apa maksudnya dan siapa sumber awal penyebarnya. “sebaiknya masyarakat bersikap wajar – wajar saja, dan tidak menjadikan hal ini sebagai sebuah keanehan sebelum adanya bukti,” kata Agus Setiawan, warga gang pande, ketika ditanya tak jauh dari lokasi kuburan yang terletak di pinggir jalan protokoler kota Bondowoso itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar